Skip to content

Arachnida

Kelas Arachnida dibedakan dengan kelas yang lainnya dengan tidak adanya anggota badan sebagai organ perasa yang sering disebut antena yang biasanya terdapat di bagian depan kepala di keempat kelas lainnya. Ciri yang lain adalah badan terdiri dari tiga bagian yaitu kepala, thorax dan abdomen.

Namun bagian kepala dan thorax menyatu menjadi satu sehingga sering disebut dengan cephalothorax. Bagian cephalothorax biasanya dilindungi oleh bagian yang keras yang disebut carapace.

Alat mulut dilengkapi dengan chelicera dan pedipalpus, chelicera berbentuk capit yang berguna untuk merobek badan mangsanya sehingga kelompok ini kadang disebut chelicerata. Pedipalpus berbentuk capit namun lebih panjang dan berguna untuk menangkap mangsa. Karena tidak berantenna sepasang kaki paling depan di beberapa kelompok berubah fungsi menjadi indra yang berfungsi seperti antena.

Ciri khas yang lain adalah Arachnida mempunyai empat pasang kaki di bagian cephalothorax, sehingga jumlah kaki menjadi delapan  dan sering disebut decapoda.  Bagian abdomen biasanya tidak mempunyai anggota badan (appendages) jika ada biasanya kecil dan berfungsi sebagai alat reproduksi, pemintal jaring dan tidak pernah digunakan untuk pergerakan.

Hampir semua ordo anggota Arachnida dapat hidup di dalam gua dan banyak terdapat di gua-gua Indonesia. Kontribusi Arachnida dalam komunitas Arthropoda gua cukup besar dan mempunyai peran yang bervariasi dari pemangsa sampai perombak atau scavenger.

Kelas Arachnida mempunyai beberapa kelompok sperti: 1. Scorpiones, 2. Uropygi, 3. Amblypygi, 4. Schizomida, 5. Araneae, 6. Palpigradi, 7. Pseudoscorpiones, 8. Opiliones,  9. Acari dan beberapa kelompok lain

Informasi Phylogeny dapat di lihat di sini dan juga disini

2 Comments leave one →
  1. May 13, 2009 3:33 am

    Apakah Arachnida memiliki Maksila dan mandibula? Kalo ya, ada berapa pasang?? Tolong balas secepatnya yaaa

    • May 13, 2009 11:39 am

      arachnida alat mulutnya bukan mandibula atau maxilla, tapi Chelicera makannya ada kelompok takson namanya CHELICERATA yang salah satunya adalah ARACHNIDA.
      Chelicera mempunyai dua segmen, segmen basalnya besar dengn gigi dan segmen yang berbentuk runcing dengan gigi.. atau dikenal juga dengan fang ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: