Skip to content

Pengambilan contoh tanah/guano

Berlese FunnelPengambilan contoh tanah/guano dapat dilakukan dengan menggunakan volume tertentu. Contoh tanah/guano diambil dengan serok kecil yang kemudian tanah dimasukkan ke dalam  kantong kain atau kantong plastik.

Disarankan menggunakan kantong kain (blacu) karena lebih aman untuk spesimen terutama untuk jangka waktu yang lama. Pemakaian plastik dapat digunakan untuk lokasi yang dekat dengan proses pemisahan dengan corong Berlese dan plastik tidak ditutup dengan rapat.

Hal yang paling perlu diperhatikan adalah proses penyimpanan selama perjalan dari lapangan sampai ke laboratorium. Penyimpanan selama perjalanan dapat menggunakan kardus yang diberi penyekat kertas Koran dan diusahkan tidak saling menindih satau sama lain.

” Selama pernyimpanan dalam perjalanan diharapkan tidak diletakkan langsung di atas sumber panas seperti mesin mobil. Contoh tanah/guano tidak diletakkan langsung di bawah sinar matahari atau terkena basah karena air atau kehujanan. “

Pemrosesan selanjutnya yaitu menggunakan corong Berlese atau Tulgreen untuk memisahkan arthropoda dengan tanah atau guano. Pemisahan ini memerlukan waktu yang bervariasi tergantung kandungan air pada tanah dan guano.

Arthropoda ditampung di dalam alkohol dengan botol yang diletakkan pada dasar corong berlese. Di atas corong berlese dapat diletakkan lampu dengan watt yang kecil agar spesimen tidak mati karena kepanasan atau cukup menggunakan temperatur kamar. 

One Comment leave one →
  1. July 13, 2011 7:45 am

    yah pentesan saya pakai plastik ,jdi mati deh biotanya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: