Skip to content

Mengapa fauna khas gua begitu menarik

June 19, 2008

Apakah kita harus mengabaikan kekayaan yang telah diberikan di bawah bumi kita ini, kekayaan yang begitu tidak ternilai oleh materi, namun nampaknya masih banyak yang menutup mata.

Lihatlah kekayaan fauna gua kita :

” ….. dengan tingginya proporsi tingkat endemisitas, kelompok takson yang secara filogeni terisolasi dan fauna yang telah berevolusi begitu tinggi, fauna gua di Asia Tenggara nampaknya menunjukkan keunikan dan kerapuhan warisan biologi…. “

” Lebih dari 150 jenis fauna khas gua yang telah dideskripsi di Asia Tenggara dan masih banyak lagi baru sampai tingkat morfospesies atau bahkan jenis-jenis lain yang belum jelas status ekologinya .”

Beberapa jenis yang ada di gua tidak mempunyai kerabat di luar gua di belahan bumi manapun, namun di habitat gua di kawasan Asia Tenggara nampaknya sangat beragam seperti keberadaan Stenasellus (Isopoda) dan Bogidiellidae (Amphipoda) “

Deharveng, 2003 in Encyclopedia of Cave and Karst (Gunn, J.  ed.)

One Comment leave one →
  1. May 6, 2009 1:05 pm

    ya, benar sekali… fauna gua sangat eksentrik – eksotis …

    ini dibuktikan pada saat saya mengikuti diklatsar matalabiogama kmrn…

    salam kenal mas, saya dr diklat XIV

Leave a Reply

