Skip to content

Nycteris javanica: pedan jawa yang langka dan terancam

June 12, 2008

Nycteris javanica

RED LIST OF THREATENED SPECIES IUCN (2007) menyatakan bahwa Nycteris javanica (Nycteridae) (Javan Slit-Faced Bat) sebagai salah satu jenis yang Vulnerable (VU A1c) tahun pengkajian 1996

 ” Keberadaan di gua-gua Jawa hanya ditemukan di Tuban (2 gua), Grobogan (1 gua) dan Gunung Sewu (1 gua). “

” Di Kawasan Karst Tuban, jenis ini ditemukan di salah satu gua yang terletak persis di perbatasan konsesi penambangan Semen Gresik ” (Rahmadi & Wiantoro, 2007 unpublished data)

” Keberadaan populasi berjumlah sekitar 10-20 individu sangat jarang lebih dari 20 individu.”

” Dalam Red List OF Threatened Species disebutkan bahwa Populasi semakin menurun.”

 

No comments yet

Leave a Reply

