Skip to content

Stygophrynus dammermani Roewer, 1928

June 7, 2008

Stygophrynus dammermani from Sukabumi

Stygophrynus dammermani merupakan Amblypygi pertama yang dideskripsi dari gua-gua di Jawa. Type locality jenis ini terdapat di Kawasan Karst Cibinong yang disebut dengan Gua Kuda (Goeha Koeda) dekat daerah Lulut (Desa Lulut).

Jenis ini juga dikoleksi dari beberapa gua lain seperti Goeha Gadjah yang sampai sekarang masih digunakan sebagai gua sarang walet, selain itu gua di daerah Panoemabangan Djampang, menjadi daerah asal dari Stygophrynus dammermani.

Jenis ini pertama kali dideskripsi oleh Roewer seorang arachnologist dari German dan dipublikasikan di Majalah TREUBIA terbitan museum Zoologicum Bogoriense.

Jenis ini tersebar di Jawa bagian barat sampai bagian tengah dan tidak pernah ditemukan di Jawa bagian timur.

No comments yet

Leave a Reply

