Skip to content

CIRI-CIRI ARTHROPODA

Apa itu Arthropoda

Untuk mengenal Arthropoda yang hidup di dalam gua yang perlu diperhatikan adalah ciri utama yang membedakan dengan kelompok invertebrata lain. Asal kata Arthropoda adalah berasal dari dua kata Yunani yaitu arthros yang berarti berbuku-buku atau beruas dan podos yang berarti kaki. Jadi secara umum kelompok arthropoda dicirikan dengan kaki yang berbuku-buku atau beruas. Antara buku satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh lembaran yang elastis yang memudahkan pergerakan badan dan kakinya.

Secara evolusi kelompok arthropoda merupakan hewan yang paling berhasil dalam mengembangkan jenisnya. Hampir 75% hewan di bumi ini adalah arthropoda. Begitu juga di dalam gua, arthropoda memgang peranan penting dan mempunyai keanekaragaman tinggi dan paling berhasil beradaptasi dalam lingkungan gua. Arthropoda banyak ditemukan sebagi hewan yang khas dan teradaptasi dengan lingkungan gua. Arthropoda menyumbang sekitar 80% hewan khas gua.

Secara morfologi Arthropoda dicirikan dengan badan yang beruas biasnya mencapai lebih dari 21 ruas, yang tiap ruasnya mempunyai sepasang anggota badan (appendages) namun sepasang anggota badan ini ada yang mereduksi atau berubah bentuk dan fungsi sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelompok. Ciri penting lain adalah kelompok arthropoda tidak memunyai struktur tulang di dalam tubuhnya. Arthropoda mempunyai struktur dinding badan keras yang menutupi tubuh bagian luar untuk melindungi bagian dalam tubuh yang biasanya disebut eksosekeleton. Bagian paling luar mempunyai struktur yang paling keras dan diperkuat oleh khitin. Meskipun keras namun strukutur ini masih memungkinkan pergerakan di tiap ruas.

Perbedaan kenampakan morfologi lima kelas utama Arthropoda

Perbedaan

Arachnida Crustacea Diplopoda Chilopoda Insecta
Pembagian badan Cepahalotorax dan abdomen Cephalothorax dan abdomen Kepala dan badan Kepala dan badan Kepala, thorax dan abdomen
Bentuk badan pipih Bervariasi globular pipih Bervariasi
Kaki Empat pasang Banyak biasanya 5 pasang atau lebih Banyak, biasanya dua pasang tiap segmen Banyak, sepasang tiap segmen Tiga pasang pada tiap segmen di bagian thorax
Antena Tidak ada 2 pasang sepasang sepasang sepasang
Alat mulut Chelicera dan pedipalpus mandibula mandibula mandibula mandibula
Habitat terrestrial Kebanyakan di laut dan air tawar, jarang terrestrial terrestrial terrestrail terrestrial
35 Comments leave one →
  1. Lintang permalink
    February 9, 2010 12:39 pm

    thankssssssssssssss

  2. www.rivaialonso@rocketmail.com permalink
    March 11, 2010 12:18 pm

    bagus ,,,,cukup membantu wt menghapal tugas dri sekolah,,,kalo bisa di perlengkap lagi,,,dan di tambah dengan latihan soal biar makin asyikk

    RIVAI SMAN 1 SUKATANI PURWAKARTA

    • March 11, 2010 12:36 pm

      Terima kasih kalau bermanfaat buat mengerjakan PR di sekolah.
      Saya akan usahan untuk selalu menambah dan memberikan informasi semudah mungkin.

      Kalau masalah latihan soal, nanti biar bu guru atau pak guru yang kasih latihan soal yaa..

  3. Rini reisya permalink
    May 7, 2010 12:34 am

    Baguuus sekali . I Like biology

  4. hemo permalink
    May 20, 2010 9:29 am

    thanks bwt infonya, apalagi yang bagian perbedaannya membantu bgt bwt tugas sekolah.

  5. Alfisyar Muhammad permalink
    June 1, 2010 1:00 pm

    Thx Bgt kk Infonya bisa membantu Nilai saya ^_^

  6. ama permalink
    June 4, 2010 3:05 am

    makasih dah kasih infooo aku seneng bgt cz au bza banyaj tew lewa info nichh

  7. esteray permalink
    August 26, 2010 3:11 am

    hehe..bagus juga info sebegini…dapat membantu buat tugasan dalam makmal…tapi harap ada la perbezaan antara trilobita dan crustacean..trima kasih…=D

  8. melita permalink
    January 12, 2011 1:09 pm

    makasii banget..lengkap ada perbedaannya juga lagi..bisa
    buat dongkrak nilai..hehe… :D

  9. January 26, 2011 10:27 am

    OCHE DACH………..

  10. January 29, 2011 5:57 am

    THX IIA.
    BGS BGT U/ BAHAN MAKALA D SKUUL.

  11. January 31, 2011 12:03 pm

    hebat, saya suka artikel ini

    • January 31, 2011 12:10 pm

      terima kasih Mb Diana,
      masih banyak yang harus saya perbaiki.. semoga ke depan bisa saya tambah dg informasi yang bermanfaat lagi..

  12. russer putra k permalink
    February 15, 2011 6:02 am

    izin untuk dijadikan bahan bacaan buat nyusun skripsi mas cahyo.
    oya, insyaAllah tgl 19 saya mau survey untuk penelitian s1 saya tentang arthropoda gua di daerah tasik, kalau nanti saya rada pusing,mohon bantuannya. =)

  13. ayat permalink
    February 28, 2011 5:06 am

    makasih atas info nya ngebantu banget buat tugas biologi

  14. nurlaila ramadani permalink
    April 2, 2011 9:42 am

    thank’sy ats infrmasi na!!!!!!!!!!!!!

    i’m like it

  15. April 9, 2011 2:34 am

    Mas, Berikan ding conto hewannya, Thanks

  16. Rin permalink
    April 24, 2011 5:11 pm

    Makasi .
    bnr” ng bntu bwt msk jurusan IPA.
    (:

  17. neysa permalink
    April 28, 2011 3:29 am

    ngebantu tugas IPA..
    jadi cepet beres

  18. September 19, 2011 12:13 pm

    Lumayan,bisa buat ngerjain tugas” skulah…kbetulan aq juga jurusan ternak,jdi ya biar tmbah” pngetahuan lah….
    uke”..

  19. muhammad ichsan permalink
    November 2, 2011 9:45 am

    thnx yach.. smg lbh baik….

  20. Khab!bah permalink
    November 10, 2011 11:43 am

    HemMmz,, pljrn !pA asy!k jG Y?

  21. February 17, 2012 8:36 am

    tararengkyu buat penjelasanya yang baik tentang arthropoda

  22. amalia permalink
    February 22, 2012 9:57 am

    saya suka dengan text ini bisa membuat pengetahuan menambah

  23. March 14, 2012 3:31 pm

    ciri2nya apa aja nih.
    kurang spesifik, tapi penjelasannya mancapp !!

  24. 123789 permalink
    April 10, 2012 6:39 am

    lumayan buat pegetahuan tar gedenya bisa jadi terkenal biologi hehehe…

  25. valenmasan permalink
    April 16, 2012 2:28 pm

    thaks banget ya bt info nya,,, membantu skli ni..

  26. melly permalink
    September 14, 2012 2:29 pm

    makasih……!!!!

  27. November 28, 2012 11:53 am

    makasih infr0m”nnya sngat membatu tugas ipa biologi
    good luch…

  28. eko manis tapi pahit permalink
    January 16, 2013 1:15 am

    Thanksss ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: